>
  • Crazy Sale! Guaranteed Original Branded Product
  • Please feel free to contact us

 

Panduan Lengkap Wisata Sumatera Utara



Day #1, 22 Agustus 2012

Wisata Kota Medan, Sumatera Utara
Liburan lebaran 2012 dimulai dari perjalanan ke kota Medan. Setibanya di Medan jam 9 pagi kami mengunjungi Rumah Tjong A Fie di Jalan Ahmad Yani. Rumah ini dibangun pada tahun 1895 dan selesai pada tahun 1900. Kemudian dilanjutkan ke Istana Maimun yang merupakan peninggalan Kerajaan Deli, didirikan oleh Sultan Maimun Al Rasyid Perkasa Alamsyah yang merupakan keturunan raja ke-9 Kesultanan Deli. Istana ini berlokasi di Jalan Brigjen Katamso, Kelurahan Sukaraja, Kecamatan Medan. Selama perjalanan kami juga sempat melewati Menara Air Tirtanadi yaitu menara air yang terdapat di dalam kantor PDAM Tirtanadi, Jalan Sisingamangaraja Medan dan merupakan lambang / icon kota Medan. Sebaiknya mengunjungi tempat ini pada malam ataupun subuh hari karena lampu-lampu berwarna hijau terang yang menghiasi menara ini dengan sangat menarik.

Wisata Brastagi, Sumatera Utara
Setelah cukup mengunjungi ikon-ikon kebanggaan kota Medan, perjalanan kami dilanjutkan dengan mengunjungi kota Brastagi. Taman Bermain Hillpark yang berlokasi di Sibolangit menjadi tempat kunjungan kami yang pertama. Taman ini dibuat menyerupai dengan wahana bermain di Dunia Fantasi Ancol, Jakarta. Tujuan berikutnya adalah Taman Alam Lumbini. Taman yang berlokasi di Desa Tongkoh, Kabupaten Tanah Karo, Brastagi merupakan tempat ibadah bagi umat Buddha dan mendapatkan penghargaan dari MURI dan tercatat sebagai Replika Pagoda Shwedagon yang tertinggi di Indonesia. Setelah makan malam di restoran Asia yang menyajikan beragam Chinese food, kami memutuskan untuk “mengunjungi” Mikie Holiday Park Hotel & Resort yang dilengkapi dengan berbagai wahana bermain seperti Dunia Fantasi Ancol Jakarta, yang sebenarnya menurut planning kami hendak menginap disini. Namun karena status kamarnya yang fully booked sehingga kami menginap di tempat tetangganya yaitu Hotel Mutiara. Berhubung waktu kunjungan yang sudah malam, kami tidak dapat menikmati wahana permainannya lagi. Namun supaya exist dan ada kenang-kenangannya, kami pun berphoto ria di dalam taman bermainnya.


Day #2, 23 Agustus 2012


Wisata Tongging, Sumatera Utara
Setelah sarapan dan check out dari Hotel, perjalanan hari kedua pun dimulai dengan mengunjungi Air Terjun Sipiso-piso di Desa Tongging yang memiliki jarak 35km dari Kota Brastagi. Air terjun ini berada di ketinggian lebih kurang 800 meter dari permukaan laut (dpl) dan dikelilingi oleh bukit yang hijau karena ditumbuhi hutan pinus serta dapat memandang Danau Toba dari kejauhan.

Wisata Sidikalang Dairi, Sumatera Utara
Tujuan perjalanan kami yang berikutnya adalah menuju kota Sidikalang. Sebuah Monumen Patung TB Simatupang berdiri kokoh di samping jalan tanjakan menuju Taman Wisata Iman. Setelah itu kami mengunjungi Taman Wisata Iman Dairi yang berlokasi di kota Sidikalang, Kabupaten Dairi.

Wisata Pulau Samosir, Sumatera Utara
Pada umumnya, untuk akses dari kota Medan ke Pulau Samosir adalah melalui perjalanan darat dari Medan - Pematang Siantar Parapat kemudian dilanjutkan penyebrangan melalui kapal ferry dari pelabuhan Ajibata - Parapat. Kali ini kami memilih menuju Pulau Samosir via darat,untuk menikmati pemandangan alam karena mengelilingi "bukit" dan perjalanan yang lebih dekat dari kota Sidikalang. Setelah melalui jalanan yang berlika-liku dan sempit, akhirnya kami sampai di Menara Pandang Tele untuk menikmati keindahan Danau Toba dari ketinggian. Hawa sejuk yang kami rasakan membawa rasa lapar yang harus segera “dituntaskan” karena  perut kami memang belum diisi sejak sarapan tadi pagi. Pada area ini yang dapat kami temui hanyalah POP Mie untuk memenuhi rasa lapar.

Wisata Tuk-tuk, Pulau Samosir
Setelah cukup aksi "cuci mata" di menara pandang tele, perjalanan dilanjutkan kembali ke tuk-tuk, Samosir. Sehubungan dengan medan jalan yang menurun, maka perjalanan yang kami rasakan juga cepat berlalu. Kota yang pertama kali kami temuin di pulau Samosir adalah kota Pangururan. Di kota ini kita dapat mengunjungi tempat pemandian air panas belerang, dengan pemandangan gunung yang dipenuhi dengan belerang, sepintas kumpulan belerang tsb membentuk icon "love". Di sepanjang perjalanan menuju hotel tempat kami menginap, kami disuguhi pemandangan yang sangat unik, yaitu pemakaman suku Batak dengan berbagai model di tengah-tengah sawah / di samping rumah.
Makanan yang dapat ditemui di Pulau Samosir adalah makanan yang halal dan non halal, namun pada saat kunjungan kami sedang dalam liburan lebaran maka untuk konsumsi makanan yang halal terdapat sedikit kendala. Kita tidak perlu mengkhawatirkan tempat penginapan di Pulau Samosir karena jumlahnya yang sangat banyak. Namun, untuk lokasi tertentu seperti Carolina Inn, Villa Samosir sebaiknya dilakukan pemesanan terlebih dahulu. Kami memutuskan untuk menginap di Toledo Inn.

Day #3, 24 Agustus 2012

Wisata Tomok, Pulau Samosir
Bangun pagi untuk menikmati matahari terbit dan mandi air danau merupakan hal yang wajib dilakukan ketika mengunjungi Danau Toba. Sesaat kami menikmati terlebih dahulu pemandangan yang sangat menarik di penginapan Toledo Inn. Tujuan selanjutnya adalah desa Tomok, Pulau Samosir. Dari Tomok kami melanjutkan perjalanan ke kota Pematang Siantar sebelum kembali ke Medan. Untuk mencapai kota Pematang Siantar, kami melakukan penyeberangan ferry dari pelabuhan tomok ke kota Parapat terlebih dahulu. Untuk menikmati keindahan Danau Toba, kami memutuskan untuk naik kapal biasa sedangkan mobil kami harus menyeberang dengan kapal ferry KMP Tao Toba. Untuk penumpang saja kita dapat menaiki kapal penumpang biasa dari Tomok maupun Tuk-tuk yang berangkat setiap jam sekali ke kota Parapat dengan tujuan Tigaraja ataupun Ajibata.

Wisata Pematang Siantar, Sumatera Utara
Perjalanan Parapat ke kota Pematang Siantar ditempuh dalam waktu 1 jam. Tempat yang kami kunjungi di kota Pematang Siantar adalah Kebun Binatang Pematang Siantar dan Rahmat Wildlife Gallery Pematang Siantar. Rasanya aneh ya, jauh-jauh dari Jakarta hanya untuk menikmati kebun binatang sedangkan di Jakarta sudah terdapat kebun binatang Ragunan atau Taman Safari yang lebih lengkap jenis hewannya dibandingkan dengan yang terdapat di kota Pematang Siantar. Malam ini juga kami kembali melanjutkan perjalanan ke kota Medan untuk persiapan perjalanan ke Bukit Lawang keesokan harinya.


Day#4, 25 Agustus 2012

Wisata Bukit Lawang, Sumatera Utara
Untuk mencapai Bukit Lawang yang berjarak 80 km dari kota Medan dengan melewati kota Binjai  dapat ditempuh dengan waktu 2,5jam. Untuk menghindari macet, kami berangkat dari Medan sekitar jam 5.30 pagi. Yang dapat kita nikmati di Bukit Lawang adalah jungle trekking, mengunjungi goa kelelawar, memberi makan orang utan (1 hari hanya ada 2x, jam 8 pagi dan xxx), bermain ban air. Di sisi sungai Bahorok terdapat banyak guest house yang disediakan sebagai tempat penginapan dan rumah pondokan yang disewakan kepada pengunjung yang tidak menginap.

Wisata Kota Medan, Sumatera Utara
Jam telah menunjukkan 1 siang ketika kami keluar dari lokasi wisata Bukit lawang dan sampai di kota Medan sekitar jam 4 sore. Melihat masih ketersediaan waktu, kami menyempatkan diri untuk mengunjungi Rahmat Wildlife Gallery Kota Medan yang terdapat di Jalan S. Parman, Medan. Dengan koleksi yang lebih banyak dibandingkan dengan gallery yang terdapat di Kebun Binatang Pematang Siantar. Dari Rahmat Gallery, kami membeli gantungan kunci yang berisi binatang yang telah diawetkan sebagai kenang-kenangan.

Rahmat Gallery mengakhiri petualangan kami ke Sumatera Utara. 

Goodbye Medan.. See you again in the next occasion

kembali ke link Gido GoTravel , "Partner Terbaik Perjalanan Wisata Anda" 

0 comments :

Post a Comment

 
  • GIDO SHOP GROUP
  • Gido Shop merupakan toko online yang menyediakan layanan untuk membantu Anda mendapatkan berbagai barang unik, berkualitas dan harga yang terjangkau. Untuk saat ini Gido Shop telah berkembang dan didirikan dengan beberapa member group seperti Gido Interior, Gido Fashion, Gido Property dan Gido Travel. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi web site resmi kami berikut ini:
     
    Gido Interior adalah Solusi Desain Interior Rumah Anda, dengam menawarkan beragam keperluan furniture untuk desain interior rumah anda dengan diskon besar dan jaminan keaslian produk serta garansi resmi. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi web site resmi kami berikut ini:
     
    Gido Tour adalah Solusi Terbaik Perjalanan Anda. Gido Tour menawarkan berbagai keperluan perjalanan, mulai dari pemesanan Tiket Pesawat, Tiket Kereta Api, Voucher Hotel maupun Jasa Tour Guide pada beberapa tujuan wisata dalam dan luar negeri. Jaminan Harga Lebih Murah adalah salah satu keunggulan kami. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi web site resmi kami berikut ini: